Mitos dan Fakta Penting Seputar Orang Introvert

Bismillah….

Introvert? Oh… orang yang pendiam itu ya… orang yang pemalu itu ya… orang yang penyendiri itu ya…

Most of people ketika ditanya mengenai apa itu apa itu introvert maka mereka akan menjawab seperti yang di atas tadi, tapi… benar gak sih orang introvert seperti itu? Nah sebagai seorang dengan kepribadian introvert saya akan menjelaskan fakta-fakta penting mengenai orang introvert biar kalian tidak mudah percaya dengan mitos-mitos yang sangat sangat sangaaaaaat menyesatkan tentang kami ^^ so lets start it!!!

Mitos 1 Orang introvert itu pendiam banget, tidak suka ngobrol

Faktanya orang introvert itu gak suka basa-basi dan kalau bicara ya seperlunya saja, apa yang menurut kami perlu dibicarakan dan penting saja. Mungkin itulah mengapa kebanyakan orang menganggap kami, orang introvert, itu pendiam. Saya punya pengalaman di tempat kajian, gara-garanya sering diam aja, lah saya mau ngobrol apaan? tidak ada yang penting juga yang mau diobrolin, mau ngobrol apa juga ^^, kami tuh bukan tipe orang yang dikit-dikit nyerocos hehe… Tapi kalau kami sudah ketemu teman dekat, sahabat, atau ngobrol tentang yang kami sukai, apa yang menarik bagi kami, udah deh kelihatan cerewetnya hehe baru deh bilang, “Ternyata orang introvert cerewet juga ya ^^” tanya deh sahabat saya apa saya pendiam atau gak, pasti jawabannya saya tuh cerewet ^^ atau coba ajak saya ngobrol tentang fotografi, desain grafis, psikologi, atau hal lainnya yang sukai, pasti jadi cerewet ^^

Mitos 2 Orang introvert itu pemalu ya… agak anti sosial gitu, gak suka bergaul

Baca lebih lanjut

Categories: cuap-cuap | Tags: , , , , , , , , , , , | Tinggalkan komentar

Kembali…

Assalamualaikum….

Apa kabar? Lama ya tidak ngepost sesuatu, terakhir kapan ya? Saya sampai lupa kapan ^^ Hmmm… sebenarnya ada sih beberapa yang mau diposting, cuma ya gitu deh malas 😁 #jangan dicontoh ya ^^. Rencananya sih mau bikin kategori baru seperti resep masakan dan jualan saya. Ngomong-ngomong soal jualan nih kenapa saya jarang posting sesuatu karena saya lagi sibuk merintis usaha kaos dakwah, nama clothing saya Dakwah Clothing, jangan lupa jalan-jalan ke fans pagenya ya tinggal klik Dakwah Clothing ^^ beli kaosnya juga jangan lupa hehe ^^. Selain kaos dakwah, saya juga lagi nyoba usaha sepatu lukis kalau mau lihat karya saya bisa di Nisa OL Shop.

CP:
BBM: DakwahCL
WA: 085757271549
LINE id: dakwah_clothing

image

image

image

image

image

image

Categories: cuap-cuap, Hobiku, Info | Tags: , , , , , , , , , , , , , , , , , , | Tinggalkan komentar

Surat Untuk Suamiku

Wahai suamiku…, kutulis surat ini dengan kehangatan cinta dan kasih sayang kepadamu. Semoga Allah senantiasa menjaga kita.

Wahai Suamiku, engkau adalah pemimpin rumah tangga kita, aturlah kami dengan aturan Allah, pimpinlah kami untuk taat kepada-Nya, bimbinglah kami terhadap apa yang maslahat (baik) untuk kami. Insya Allah engkau akan mendapatiku dan anak-anak menghormatimu, memuliakanmu dan taat kepadamu. Itulah kewajiban sebagai seorang yang dipimpin kepada yang memimpin.

Allah Ta’aalaa berfirman :

الرِّجَالُ قَوَّامُونَ عَلَى النِّسَاءِ

 “Kaum laki-laki itu adalah pemimpin bagi kaum wanita.”(an-Nisa’:34)

 
Baca lebih lanjut

Categories: cuap-cuap | Tags: , , , , , , , , , , , | Tinggalkan komentar

Books Recommended by Shaik Ibn Uthaimeen

Books Recommended by Shaik Ibn Uthaimeen

Question: We would like some advice about the books which the seeker of Islamic knowledge should obtain, study and refer to

Answer:

Shaykh Ibn ‘Uthaymeen (rahimahullaah)

Praise be to Allaah.

1. Aqeedah (basic tenets of faith):

  • Shaykh al-Islam Imaam Muhammad ibn ‘Abd al-Wahhaab (may Allaah have mercy on him).
    • Thalaathat al-Usool – The Three Fundamental Bases of Islamic Theology (pdf)
    • Al-Qawaa’id al-Arba’ah – Four Principles of Tawheed (pdf)
    • Kashf al-Shubahaat – Removal of Doubts ( pdf )
    • Al-Tawheed
  • Shaykh al-Islam Ibn Taymiyah.
    • Al-‘Aqeedah al-Waasitiyyah (Principles of Islamic Faith ) which deals with Tawheed al-Asmaa’ wa’l-Sifaat
      • This is one of the best books written on this topic, and it is worth reading and studying.
    • Al-Hamawiyyah
    • Al-Tadmuriyyah – These two books are more comprehensive than al-Waasitiyyah
  • Al-Tahhaawiyyah
    • Al-‘Aqeedah al-Tahhaawiyyah, by Shaykh Abu Ja’far Ahmad ibn Muhammad al-Tahhaawi
    • Sharh al-‘Aqeedah al-Tahhaawiyyah by Abu’l-Hasan ‘Ali ibn Abi’l-‘Izz
  • Al-Durar al-Saniyyah fi’l-Ajoobah al-Najdiyyah, compiled by Shaykh ‘Abd al-Rahmaan ibn Qaasim
  • Al-Durrah al-Madiyyah fi ‘Aqeedah al-Firqah al-Mardiyyah by Muhammad ibn Ahmad al-Safaareeni al-Hanbali. –
    • This book contains some general statements which go against the madhhab of the salaf, such as his saying, “Our Lord is not an essence or an attribute or a physical entity, exalted be He.” Therefore the seeker of knowledge has to study it with a shaykh who is well versed in the ‘aqeedah of the salaf, so that he can explain the general statements in it that go against the ‘aqeedah of the righteous salaf.

Baca lebih lanjut

Categories: cuap-cuap, Info | Tags: , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , | Tinggalkan komentar

These are So Far Circulated Infos of Universities Pass It to Your Friends and Relatives

Assalamu’alaikum,

These are so far circulated infos of universities pass it to your friends and relatives.

1. Madina University
http://admission.iu.edu.sa/Defaulten.aspx

2. Application Process Now Open – 2 year Arabic scholarship program, King AbdulAziz University in Jeddah
Alhamdulillaah, King Abdulaziz University in Jeddah are now accepting applications for the 2 year Arabic scholarship program for academic year 1435 / 1436 AH, inshaa’Allaah.
The program is free and accommodation, 3 daily meals, and even a monthly allowance will all be provided by the University. The program is for males aged 17-25 ONLY.
If you do not fit that criteria then please do not apply because you will not be accepted. If you are married you can apply, but you will have to arrange and pay for your own accommodation and the husband will have to apply for his wife’s visa after he arrives in Jeddah.
To apply, please see click on the link for the full list of the information: http://ali.kau.edu.sa/Default.aspx?Site_ID=973&lng=EN
You can see the list of required documents / benefits at this page: http://odus.kau.edu.sa/DCAFL/
The deadline for applications is fast approaching, so check now!

3. Registration at Dar Al-Hadith charity (Khairiyah) school in Makkah has begun
★ Registration is for all Muslims,
★The certificates are accredited by Umm Al-Qura University.
★The Deadline for registration is 17/08/1435 of the Hijri Year
★You can apply for a secondary school, high school or university,
★Study can be formal Education نظامي (on location) or إنتساب (distance learning)
★There are student hostels + monthly scholarship
For more details visit the website:
http://dar-alhadith.com

[If you’re unable to part-take in this opportunity then at least send it to other Muslims, inshaa Allāh one day they may become Scholars or Students of knowledge, through your hands. Remember whoever guides people to Khayr (good deeds) it is as if he did that himself]

Categories: Info | Tags: , , , , , , , | Tinggalkan komentar

Saya dan Bipolar

Bismillah

Postingan kali ini akan bercerita mengenai bipolar yang saya idap. Sebenarnya sudah lama saya ingin memposting mengenai hal ini namun saya masih belum berani. Hal yang paling saya takutkan ketika memposting artikel ini adalah ditinggalkan. Ya, kami Orang Dengan Bipolar (ODB), sebutan untuk orang yang mengidap bipolar, sangat takut dengan namanya ditinggalkan.

Gejala bipolar mulai muncul sejak kecil namun saya baru didiagnosis bipolar pada Januari lalu ketika ke psikiater. Ketika masih kecil hidup saya susah, tapi bukan secara finansial melainkan secara psikis akibat perceraian orang tua saya. Mungkin itulah penyebab gejala bipolar mulai muncul. Sejak kecil saya belajar menekan emosi saya and now it turns into depressions. Terkadang saya tiba-tiba merasa sangat sedih dan saya tidak tahu mengapa. I don’t have definite answer.

Saya tidak pernah menyangka akan mengidap bipolar hingga pada 05 Januari lalu saya memutuskan untuk ke psikiater. Tidak mudah bagi saya untuk ke psikiater, saya sangat takut dengan anggapan orang-orang yang berpikir orang “gila” yang pergi berobat ke psikiater, namun dengan dorongan sahabat lah akhirnya saya memutuskan untuk pergi. Setelah ke psikiater akhirnya sampai sekarang ini saya berkenalan dengan berbagai macam obat seperti alprazolam, risperidone, fluoxetine dan carbamazepine.

Baca lebih lanjut

Categories: cuap-cuap | Tags: , , , , , , | 6 Komentar

Bipolar Disorder

Bipolar disorder atau penyakit bipolar adalah jenis penyakit psikologi, yang ditandai dengan perubahan mood/suasana hati yang sangat ekstrim. Gangguan ini dalam istilah psikologis dikenal sebagai manic–depressive disorder. Suatu ketika seorang penderita bipolar disorder, bisa merasa sangat antusias dan bersemangat (mania). Namun lain waktu, ia bisa tiba-tiba menjadi sangat pesimis, putus asa, bahkan sampai mempunyai keinginan untuk bunuh diri (depresi). Bagi pengidap penyakit bipolar akut, dua mood yang bertolak belakang ini bahkan bisa dialami secara bergantian setiap harinya. Perubahan emosi yang ekstrim di antara dua kutub ini membuat para penderita  Bipolar Disorder serasa hidup dalam roller coaster emosi, di mana perubahan emosi terjadi secara cepat dan ekstrim.

Prevalensinya penyakit  yang ini cukup tinggi, yaitu sebesar 1-2 % dari populasi. Apabila tidak mendapat penanganan yang tepat, angka kematian penderita bipolar disorder bisa meningkat 2,5 kali lipat dalam setahun. Penyebab kematian tertinggi disebabkan oleh bunuh diri. Sekitar 25 % penderita bipolar pernah berupaya bunuh diri minimal sekali seumur hidup.

Baca lebih lanjut

Categories: cuap-cuap, Info | Tags: , , , , , , , , , , , , | Tinggalkan komentar

Faedah Buku “Begini Seharusnya Menjadi Guru, Panduan Lengkap Metodologi Pengajaran Cara Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Salam” : Mukadimah

Bismillah…

Postingan saya kali ini merupakan postingan di blog saya yang lain #silahkan klik disini untuk melihat-lihat isi blog saya yang lain.

Seperti janji saya pada postingan sebelumnya, ana akan memposting faedah yang saya dapatkan dari buku “Begini Seharusnya Menjadi Guru, Panduan Lengkap Metodologi Pengajaran Cara Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Salam”.

Pada kali ini saya akan memposting faedah yang saya dapatkan pada bagian mukadimah.

  1. Pengajar merupakan semulia-mulia dan seluhur-luhurnya profesi. Dalam hal keutamaan dan kedudukan, pengajar tidak dapat disamai oleh profesi yang lain.
  2. Semakin mulia dan bermanfaat materi yang diajarkan maka kemuliaan dan kedudukan pemiliknya juga akan terangkat. Adapun pelajaran yang paling mulia untuk diajarkan adalah ilmu pengetahuan syar’i baru kemudian ilmu-ilmu pengetahuan yang lain.
  3. Hendaknya para pengajar memperhatikan niatnya. Seorang pengajar harus mengikhlaskan amalnya untuk Allah subhana wa ta’ala dan meniatkan apa yang diajarkannya untuk memberikan manfaat bagi manusia, mengajarkan yang baik, mengangkat kejahilan dari mereka, agar menjadi nilai plus kebaikan dan menjadi sebab bertambahnya pahala.

“Sesungguhnya amalan-amalan itu hanya tergantung dengan niat.” HR. Bukhari dan Muslim.

“Sesungguhnya Allah, para malaikat, penduduk langit dan bumi, bahkan hingga semut di lobangnya, dan bahkan hingga ikan di lautan, benar-benar memohonkan doa bagi orang yang mengajarkan kebaikan kepada manusia.” HR. Ibnu Abdil Barr.

  1. Pengajar memiliki tugas yang berat (tetapi akan menjadi mudah bagi siapa yang dimudahkan oleh Allah subhana wa ta’ala) dan membutuhkan bermacam-macam sifat, dan sebaik-baik sifat atau karakter yang dijadikan acuan dan dasar adalah sifat atau karakter yang dimiliki oleh Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa salam. Dalilnya antara lain:

“Sesungguhnya telah ada pada (diri) Rasulullah itu suri teladan yang baik bagimu,” QS. Al-Ahzab: 21.

“Sebagaimana (Kami telah menyempurnakan nikmat Kami kepadamu) Kami telah mengutus kepadamu Rasul di antara kamu yang membacakan ayat-yat Kami kepada kamu dan menyucikan kamu dan mengajarkan kepadamu al-Kitab dan al-Hikmah, serta mengajarkan kepada kamu apa yang belum kamu ketahui.” QS. Al-Baqarah: 151.

 

Categories: cuap-cuap, Info | Tags: , , , , , , | Tinggalkan komentar

Mari Berkenalan dengan Diri Kita

Bismillah…

Postingan saya kali ini akan membahas kepribadian. Sudah lama saya ingin membahas topik ini, tapi ketika akan mulai mengetik selalu saja ada kendala, akhirnya berakhir menjadi sebuah ide saja #mungkin ini yang namanya belum jodoh, lah kok malah nyambung ke jodoh ya? Hehehe back to the topic ^^. Seperti yang kita ketahui, kepribadian manusia itu kompleks pakai bingitz #alay hehehe tapi memang betul kepribadian manusia itu kompleks, dibentuk dari pengalaman, sejarah pribadi, interaksi, dan budaya kita dibesarkan. Kalau kalian coba googling mengenai kepribadian manusia, kalian akan menemukan banyak pembagian tipe kepribadian manusia menurut para ahli, tapi kali ini saya akan membahas tipe kepribadian manusia yang paling sering kita dengar yaitu sanguinis, koleris, plegmatis dan melankolis.

Pada dasarnya, kita memiliki keempat sifat tersebut, namun ada sifat yang lebih mendominasi sehingga ada orang yang sifatnya sanguin-koleris atau plegmatis-melankolis <<it’s me ^^. Sebelum dijabarkan lebih lanjut mengenai keempat sifat ini berdasarkan syariat Islam, saya akan memberikan gambaran singkat mengenai keempat sifat ini ^^.

Cara menentukan sifat kita bukan hanya asal tebak atau mengira-ngira, tapi harus melalui tes kepribadian. Insya Allah, postingan berikutnya saya akan memposting soal-soal tes kepribadian yang saya ambil dari buku “Who am I? Aneka Tes Kepribadian (Kenali Diri dan Potensimu, Jadilah yang Terdepan)” atau kalian bisa googling dengan keyword “tes kepribadian sanguin koleris plegmatis melankolis”.

Gambaran singkat dari keempat kepribadian tersebut dapat kalian lihat dibawah ini:

  • Sanguin → dijuluki si “Populer” karena pandai persuasif dan ingin terkenal.
  • Koleris → dijuluki si “Kuat” karena sering dominan dan kompetitif.
  • Melankolis → dijuluki si “Sempurna” karena perfeksionis dan serba teratur.
  • Plegmatis → dijuluki si “Cinta Damai” karena kesetiaannya dan menghindari konflik.

Nah, sekarang kalian sudah tahu kan gambaran singkat dari keempat sifat tersebut, selanjutnya mari kita baca penjelasan keempat sifat ini berdasarkan syariat Islam yang dijelaskan oleh dr. Raehanul Bahraen di website beliau dengan judul asli “Benang Merah Syariat Dan Empat Sifat Dasar [Melankolis, Koleris, Sanguin Dan Plegmatis]” berikut ini ^^.

Baca lebih lanjut

Categories: cuap-cuap, Info | Tags: , , , , , , , , , , | Tinggalkan komentar

Gangguan yang Berhubungan dengan Haid

Pre Menstruation Syndrome (PMS)

Sindrom pre-menstruasi atau yang lebih dikenal dengan PMS (pre-menstruation syndrome) merupakan kumpulan gejala fisik, psikologis dan emosi yang terkait dengan proses terjadinya siklus haid wanita. Sekitar 80% – 95% wanita pada usia melahirkan mengalami gejala-gejala pra-haid yang dapat mengganggu beberapa aspek dalam kehidupannya.

Gejala tersebut dapat diperkirakan. Acapkali terjadi secara teratur pada dua pekan periode sebelum haid. Hal ini dapat hilang begitu dimulainya pendarahan, namun dapat pula berlanjut setelahnya. Sebagian kecil dari kalangan wanita antara usia 20 hingga 35 tahun dapat mengalami sindrom pra-haid dengan sangat hebat pengaruhnya. Terkadang mengharuskan mereka beristirahat dari kesibukan rutinitias hariannya. Gangguan kesehatan berupa pusing, depresi, perasaan sensitif berlebihan. Gejala tersebut terjadi sekitar dua pekan sebelum haid dan seringkali dianggap hal yang lumrah bagi wanita usia produktif. Ada beberapa faktor yang meningkatkan risiko terjadinya PMS, antara lain:

Baca lebih lanjut

Categories: cuap-cuap, Info | Tags: , , , , | Tinggalkan komentar

Buat situs web atau blog gratis di WordPress.com.