Soroako… Oh Soroako… Part II : Tak Kenal Maka Tak Sayang

Assalamu’alaikum😀

Akhirnya…. kembali ke rumah😀 meskipun begitu, sedih juga rasanya harus meninggalkan Soroako, meninggalkan siswa-siswa ku tersayang, meninggalkan guru-guru yang sangat banyak memberikan inspirasi dalam pelaksananaan proses pembelajaran, meninggalkan kakak-kakak kos yang sangaaaaaat baik #kak Uci dan kak Ria, i miss u so much😥, meninggalkan akhwatifillah yang baik pake banget #terutama ummu difa, jazakillah khairan ummu :’), pokoknya segala hal yang ada di Soroako tidak terkecuali mbak penjaga toko depan rumah yang namanya sampai sekarang masih menjadi misteri hehehe😀, but life must go on, sudah menjadi hukumya jika ada pertemuan maka akan ada pula perpisahan, so tidak perlu terlalu lama larut dalam kesedihan🙂 #saya harap siswa-siswa ku juga demikian, boleh sedih tapi jangan terlalu lama sedihnya ya nak, keep moving on😀.

Okeeee….hampir lupa nih, maaf ya baru bisa posting lagi, selama berKKN-PPL di Soroako waktu luang habis untuk mempersiapkan lesson plan atau untuk istirahat, so harap maklum ya😀. Nah, untuk menebus semuanya saya akan memposting all about Soroako selama tiga bulan saya di sana. Pada postingan sebelumnya, saya kan sudah bercerita mengenai kisah kedatangan saya dan teman-teman serta kartu yang sinyalnya bagus di Soroako #tidak ada niat untuk mempromosikan salah satu penyedia jasa layanan telepon kok, murni hanya untuk berbagi pengalaman :D#, nah untuk postingan kali ini, seperti judulnya yaitu Tak Kenal Maka Tak Sayang, saya akan memperkenalkan Soroako dan SD YPS Lawewu.

Pertama-tama saya akan memperkenalkan Soroako. Soroako atau Sorowako adalah sebuah kota pertambangan kecil di sebelah utara-timur Provinsi Sulawesi Selatan, di tengah-tengah pulau Sulawesi, Indonesia. Kota ini dikenal memiliki tambang nikel terbuka terbesar di Indonesia yang dimiliki oleh PT. Vale Indonesia, Tbk (sebelumnya dikenal sebagai PT Inco), anak perusahaan dari perusahaan pertambangan yang berbasis di Kanada, Vale Inco. Kota itu sendiri adalah tempat yang indah untuk dikunjungi. Terletak di pegunungan Verbeek, Soroako dikelilingi oleh tiga danau alam: Danau Matano, Danau Towuti dan Danau Mahalona. Danau Matano adalah danau terdalam di Indonesia.

soroako's map

soroako’s map

Sebagian besar warga Sorowako yang bekerja sebagai karyawan PT Vale Indonesia, Tbk. Mereka datang ke Sorowako dari seluruh Indonesia. Sisa penduduk bekerja terutama sebagai petani atau nelayan. Di sisi gunung di sisi barat kota, ada sebuah gua alam yang sebagian besar masih belum diselidiki. Dekat pintu masuk terdapat ruangan yang penuh dengan ratusan kerangka yang konon kabarnya merupakan sisa-sisa kekuatan pemberontak PKI dari tahun 1950. Kisah versi lain dari gua yang dipenuhi dengan ratusan kerangka ini adalah dulunya merupakan sebuah kuburan asli (mirip dengan gua-gua pemakaman Tanah Toraja).

Danau Matano dikelilingi oleh cincin batu gunung kecil. Cuaca kadang-kadang bisa sangat buruk, sering diiringi dengan badai guntur dan petir. Gempa kecil sering terjadi juga. Hampir setiap tahun pada bulan Desember – Januari, sebuah fenomena aneh terjadi di pusat Danau Matano. Sebuah tornado besar tampak berdiri diam di tengah danau dan tinggal di sana untuk waktu yang singkat. Dilihat dari pantai tornado terlihat memiliki diameter sekitar 10 meter. Sedangkan tornado yang masih berdiri di atas danau awan turun ke permukaan danau dan kemudian tampaknya datang lagi melalui corong dari tornado. Sumber Danau Matano diyakini berasal dari wilayah barat danau bahwa orang-orang pribumi menyebutnya Matano desa. Di daerah yang satu ini kadang-kadang dapat melihat elang laut berperut putih. (sumber school handbook SD YPS).

Nah perkenalan kita selanjutnya adalah dengan SD YPS Lawewu. Mengapa cuma dengan SD YPS Lawewu? Karena di SD YPS Lawewu lah saya berPPL😀.

yps's logo

yps’s logo

Oke… kita mulai perkenalannya, SD YPS Lawewu merupakan salah satu sekolah yang berada di bawah naungan Yayasan Pendidikan Soroako. SD YPS Lawewu beralamat di Jl. Hasanuddin No. 4, Sorowako, Kecamatan Nuha, Kabupaten Luwu Timur, Sulawesi-Selatan 92984, Indonesia #lengkapkan😀. Setidaknya ada 39 guru di SD YPS Lawewu. Guru-guru tersebut antara lain:

  1. Pak I.B Darmatika, Kepala Sekolah SD YPS Lawewu.
  2. Pak Sentot Tri Wahyu, Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan dan guru Bahasa Indonesia.
  3. Pak Muh. As’ad Hasan, Wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum dan guru Matematika.
  4. Pak Beny Sumandak Musu, Wakil Kepala Sekolah Bidang Sarana dan Prasarana, dan guru TIK.
  5. Pak Basri, guru Olahraga.
  6. Pak Abdul Rajab, guru Olahraga.
  7. Pak Muh.Thahir, guru Pendidikan Agama Islam.
  8. Pak Eko Purnomo, guru Pendidikan Agama Islam.
  9. Pak Agus Pama’tan, guru Seni Musik.
  10. Ibu Fransisca Ani Dewanti, guru Bahasa Inggris.
  11. Pak I Gede Karianto, guru TIK.
  12. Pak I Gede Sudarsana, wah saya tidak tahu pak Gede ngajar mata pelajaran apa, maap ya pak J, kalau tebak-tebak buah durian sih #berhubung saya doyan durian makanya diganti jadi durian hehehe# atau pakai istilahnya siswa saya yaitu garambangi, pak Gede kemungkinannya guru agama Hindu, maap ya pak kalau salah J
  13. Ibu Uci Sumarlin, guru agama Katolik deh kayaknya, maap ya bu kalau salah #wah.., ternyata salah pembaca sekalian hehehe kata Ibu Uci, “haiii KHAERUNNISSA, HEHEHE IYA SALAH DEK, saya ngajar Pendidikan Agama Kristen Protestan bukan Agama Katolik, terus sy jg ngajar Bahasa Indonesia n PKn.” hehehe😀
  14. Ibu Hasriani Nur, guru Bimbingan dan Konseling.
  15. Ibu Hartini, guru kelas 1 A.
  16. Ibu Sri Rama Dekawaty, guru kelas 1 B.
  17. Ibu Dewi Wahyuni, guru kelas 1 C.
  18. Ibu Mety Armita, guru kelas 1 D.
  19. Ibu Neneng Kurniawati, guru kelas 2 A.
  20. Pak Edianus Sirupang, guru kelas 2 B.
  21. Ibu Rini Sriutari, guru kelas 2 C.
  22. Ibu Wahyuni Pratiwi, guru kelas 2 D.
  23. Pak Winahyu, guru kelas 3 A.
  24. Ibu Wiwik Purwita, guru kelas 3 B.
  25. Ibu Mirna Haerani, guru kelas 3 C.
  26. Ibu Chitra, guru kelas 3 D.
  27. Ibu Nur Ikrar Aisfar, guru kelas 4 A.
  28. Pak Made Sukawirya, guru kelas 4 B.
  29. Pak Baharuddin, guru kelas 4 C.
  30. Pak Ruslam, guru kelas 4 D.
  31. Pak Darmawangsa, wali kelas 5 A, guru IPS dan guru IPA #kalau tidak salah sih kak Wangsa juga mengajar IPA di kelasnya, FIGHTING kak Wangsa!!!😀
  32. Pak Jupri, wali kelas 5 B dan guru IPA🙂
  33. Pak Maris Manrapi, wali kelas 5 C, guru PKn dan guru IPS.
  34. Ibu Irma Savitry Zulchaer, wali kelas 6 A dan guru Bahasa Inggris.
  35. Pak Agus Sistyono, wali kelas 6 B dan guru Bahasa Indonesia.
  36. Ibu Apriyana, wali kelas 6 C dan guru Matematika.
  37. Ibu Ludiana Battung, administrator bidang kurikulum, kesiswaan, sarana dan prasarana.
  38. Ibu Yemmie Y. H. Isa, administrator bidang keuangan, kurikulum, kesiswaan, sarana dan prasarana.
  39. Ibu Syahriani, administrator perpustakaan.

Nah, banyak siswa di SD YPS Lawewu sekitar 540an siswa #untuk yang satu ini saya tidak bisa sebutkan satu-satu orangnya, bukan karena saya tidak tahu, tapi terlalu buanyaaaaaak😀. Selanjutnya apa lagi ya hm…. owh mengenai fasilitasnya, bisa dibilang fasilitas di sekolah ini lumayan lengkap, setiap kelas mempunyai proyektor, peralatan olahraganya juga lengkap #ini sepanjang pengamatan saya#, ada lab komputer, ada lab IPA #tapi lab IPAnya kurang “hidup”, sayang sekali#, hmmm… yang kurang sebenarnya sih dari pengamatan saya selama tiga bulan di sana yaitu media-media pembelajarannya, khususnya media pembelajaran untuk IPA dan Matematika. But for over all, dua jempol deh buat SD YPS Lawewu😀

Owh iya, yang menarik dari SD YPS Lawewu adalah setiap kelas di sekolah ini menerapkan The Magic of Five Fingers. Penasaran? Lihat aja di bawah ini😀

the magic of five fingers

the magic of five fingers

            Selain itu, di SD YPS Lawewu ada sebuah sistem yang dikenal dengan sistem house, seluruh siswa SD YPS Lawewu dibagi menjadi lima kelompok house:

  1. House Merah
  2. House Hijau
  3. House Kuning
  4. House Jingga
  5. House Biru
  6. House Putih

Seluruh kegiatan sekolah seperti kegiatan akademik, olah raga, kokurikuler dan ekstra kurikuler dibagi dalam berbagai house tersebut di atas dan anggotanya berusaha untuk menjadi yang terbaik dalam persaingan yang sehat dalam kegiatan itu. Piala bergilir akan diberikan kepada House pemenang pertama dan kedua.

            Nah, setiap pagi di SD YPS Lawewu diadakan morning sharing, kegiatan ini bertujuan untuk berbagi informasi bagi sesama guru, trus yang baru-baru ini nih, setiap rabu pagi morning sharingnya disertai dengan sarapan bersama dengan guru-guru, tea time gitu. Nah, ketika Kebijakan Mutu dan Lawewu School Pledge telah dikumandangkan, itu artinya kegiatan morning sharing sudah selesai😀. Selain morning sharing, tiap pagi juga diadakan welcoming student, yaitu menyambut para siswa di gerbang sekolah baik itu di gerbang SD YPS Lawewu maupun di gerbang sekolah SD YPS Singkole #untuk kegiatan yang satu ini, bagi saya bukan suatu hal yang baru lagi soalnya waktu SMA, sekolah saya juga mengadakan kegiatan seperti ini tiap paginya🙂 huaaaa…. jadi rindu guru-guru saya ketika masih SMA😥

Hampir lupa, ada satu kegiatan lagi yang penyelenggaraannya diadakan tiap tahun yaitu Lawewu Fun Family😀. Nah, kegiatan ini bertujuan untuk mengakrabkan keluarga para guru-guru #buat guru-guru yang masih single pasti bakalan makin pingin cepat nikah😀

Hmmm…. saya rasa sudah cukup edisi perkenalannya🙂, nah edisi berikutnya saya akan bercerita mengenai berbagai pengalaman saya selama di Soroako, baik itu ketika di sekolah maupun di luar sekolah. So, sabar menunggu ya😀

Categories: cuap-cuap | Tags: , , , , , , , , , , , , , , | 6 Komentar

Navigasi pos

6 thoughts on “Soroako… Oh Soroako… Part II : Tak Kenal Maka Tak Sayang

  1. uCis

    haiii KHAERUNNISSA, HEHEHE IYA SALAH DEK, saya ngajar Pendidikan Agama Kristen Protestan bukan Agama Katolik, terus sy jg ngajar Bahasa Indonesia n PKn. selamat melanjutkan cita-cita lahhh…sukses yaaa…..

  2. Mantap…mantap…I’m also proud to be part of Lawewu long time ago😉

  3. Wah saya telat bacanya……… Harusnya SD Singkole di bahas sedikit hehehehhehe

    LUAR Biasa nisaa

    • Masih banyak sebenarnya mau sy tulis ttg KKN-PPL di soroako cuma moodnya belum ada hehehe

      Mau bahas SD Singkole tp sy tidak tau apa-apa, saya kan di lawewu ^^

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Buat situs web atau blog gratis di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: